Friday, April 23, 2010

Seafood dan Teh Penangkal Flu

Musim pancaraoba sudah datang, saatnya menjaga tubuh agar tidak terserang virus flu yang mengganggu. Vitamin dan beberapa makanan wajib dikonsumsi agar tubuh tetap prima. Simak info lengakpanya di sini!

Beberapa minggu terakhir ini, kondisi cuaca sangat tidak bersahabat. Pagi hujan deras, sedangkan siang cerah ceria. Terkadang dibarengi dengan angin dingin yang cukup menusuk hingga ke tulang. Nah, kalau sudah begini tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit khususunya flu.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya jaga stamina tubuh Anda agar tertap dalam keadaan fit dengan cara memberi 'makanan' terhadap sistem kekebalan tubuh Anda. Dan berikut beberapa jenis makanan yang bisa membentengi tubuh Anda dari virus flu.

Makanlah Banyak Seafood
Tubuh kita memerlukan selenium yang cukup untuk meningkatkan sel yang memproduksi protein yang disebut dengan cytokines. Hal ini telah dipelajari berdasarkan 22 orang dewasa di Inggris. Para ilmuwan itu mengatakan bahwa cytokines membantu untuk menghilangkan virus flu dari dalam tubuh. Selenium ini banyak terdapat pada kerang, lobsters, dan kepiting.

Perbanyak Asam Lemak Ikan
Dari semua lemak, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan adalah yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Karena meningkatkan kinerja darah ke dalam tingkst yang lebih tinggi untuk melawan virus flu. Hal ini telah dicoba pada 150 orang dewasa di Inggris. Asam lemak omega-3 banyak ditemukan dalam ikan laut seperti salmon.

Meningkatkan T-Sel dengan teh
Sepuluh orang di Harvard yang meminum 5 cangkir teh hitam tiap hari selamam dua minggu berturut-turut, ternyata menghasilkan T-sel (atau Lymphocytes atau sel darah putih) lebih banyak 10 kali. Hal ini sangat baik karena bisa membantu memerangi virus flu. Hasil ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan mereka yang minum selain teh.

Minumlah Susu
Setiap produk susu mengandung Conjugated Linoleic Acid(CLA) yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap flu. Sehingga tubuh Anda tidak akan rentan terhadap flu, meskipun dalam cuaca pancaroba seperti sekarang ini.

Tambahan Multivitamin
Makan makanan yang sehat dan dalam porsi yang benar adalah modal awal menangkal terjangkitnya virus flu. Sebaiknya makanan-makanan tadi mengandung protein, vitamin A, B6, E, dan juga mengandung zat besi. Vitamin B12 bisa didapat dari multivitamin harian yang dijual di toko-toko obat.

Jadi, tak perlu khawatir dengan cuaca yang sering berubah-ubah. Karena dengan sistem kekebalan tubuh yang baik akan menghindari Anda dari virus flu secara otomatis.

0 comments:

Post a Comment